Wednesday 12 July 2017

Banda , alam dan sejarah

Image : triptrus.com

Laut Banda, sebuah kawasan perairan yang namanya melekat di otakku karena sering disebut saat prakiraan cuaca dimasa kecilku, saat itu memang tak banyak acara televisi yang bisa disimak dan membuat prakiraan cuaca seringkali menjadi satu satunya acara yang bisa dilihat. Hanya saja saat itu aku tak tau apa istimewanya Banda ini.
Image : goodnewsfromindonesia
Sekarang, puluhan tahun kemudian aku baru sadar banyak sekali yang istimewa dari kepualauan Banda. Sebagai tujuan wisata, saat ini Banda sudah mulai banyak dikenal para traveler. Alamnya yang indah adalah daya tarik bagi para pelancong dalam dan luar negeri. Keistimewaan lain dari kepulauan ini adalah kisah sejarah yang disimpannya. Sejarah dari masa kejayaan Hindia  Belanda yang masih patut untuk direkam ulang.
Percayakah kau Belanda pernah menukar Pulau Run (salah satu pulau kecil di kepulauan Banda) dengan Manhattan?😏 . Jadi ceritanya pada abad 16 Belanda dan Inggris memperebutkan Pulau Run. Namun pada 1620 Belanda mengepung pulau tersebut hingga Inggris menyerah dan meninggalkan pulau tersebut. Perseteruan tetap berlanjut hingga adanya perjanjian damai tahun 1667, isi perjanjian tersebut adalah Inggris menyerahkan Pulau Run kepada Belanda dengan ditukar Manhattan yang diserahkan pada Inggris. Sekarang memang pulau Run tak sememikat dan seterkenal Manhattan. Namun saat itu Pulau Run adalah pulau kecil penghasil Pala yang menjadi daya tarik bagi negara-negara Eropa.
Image: bandaneiraisland
Saat ini dimataku Banda adalah kepulauan indah di timur Indonesia yang ingin kudatangi. Tentunya aku tak seperti bangsa Eropa dimasa kolonial yang tertarik pada rempah rempahnya. Pantai yang cantik, alam bawah laut yang menakjubkan, pemandangan gunung api yang mencuat  di tengah laut,  serta bangunan bersejarah yang merekam masa kolonial bagiku lebih menarik dari rempah.
Benteng Belgica, Image : t-baronda.blogspot.co.id
Benteng Nassau, Image : www.tripadvisor.co.id
Kepulauan Banda terdiri dari 10 pulau vulkanis yang tersebar di laut banda. Kota terbesarnya adalah Banda Neira yang terletak di pulau dengan nama yang sama. Pulau tersebut juga pernah menjadi tempat pengasingan Hatta dan Sjahrir. Menjadi sebuah tempat yang diperebutkan bangsa Eropa serta ,menjadi tempat pengasingan bagi tahanan politik, wajar kalau hingga kini Banda memiliki berbagai bangunan peninggalan sejarah.

Uniknya pantai pulau Hatta, pantaiberpasir berbatasan langsung dengan palung laut yang dalam
Image : marischkaprudence
Gunung Api Banda, Image : indonesia-tourism.com
Rumah Pengasingan Bung Hatta , Image : dyahpamelablog
Selain alam yang istimewa hingga disebut sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia, peninggalan jejak masa lampau rasanya akan menjadi magnet untuk menyambanginya . . . . Hai Banda I want to see you😍

1 comment:

Bagikan

>