Tuesday 29 December 2015

Tuntas Mengatasi Masalah Bau Mulut

Bad breath? , image : http://www.wellbeing.com.au
Dulu saya berpikir bau mulut pasti dikarenakan seseorang belum menggosok gigi atau tidak menjaga kebersihan mulutnyaberkesah. Tapi ternyata bau mulut bukan hanya disebabkan karena mulut yang tidak bersih. Ada yang telah mengupayakan kebersihan mulut secara maksimal namun masih mengalami bau mulut. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut dan beberapa diantaranya berkaitan dengan penyebabnya.
  • Yogurt, jika mengalami masalah bau mulut cobalah mengkonsumsi plain yogurt (yogurt tanpa gula) setiap hari. Yogurt mengandung kadar organisme mikroskopis dan hidrogensulfida yang dapat mengurangi bakteri di mulut.
  • Jus buah, tidak suka yogurt? konsumsilah jus buah setiap hari. Jus buah juga dapat membantu mencegah bakteri menempel pada gigi. Pilihlah jus buah tanpa tambahan gula.
  • Teh Hijau, satu lagi minuman yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi bau mulut yaitu teh hijau, karena teh hijau dapat membilas senyawa-senyawa sulfur penyebab bau mulut.
  • Buah dan sayur,  buah dan sayur mengandung banyak cairan yang baik bagi pencernaan. Pencernaan yang norrmal tidak akan mengeluarkan aroma yang tidak seap melalui tenggorokan.
  • Vitamin C dan D, pada dasarnya baiknya kita menghindari kekurangan berbagai macam vitamin. namun untuk mengatasi bau mulut pastikan kita mengkonsumsi vitamin C dan D, karena orang yang sering mengkonsumsi vitamin C dan vitamin d beresiko paling kecil mengembangkan penyakit gusi.
  • Kunyahlah daun ketumbar, taragon, dan eucalyptus. Khasiat dalam tanaman tersebut sangat bak untuk pencernaan, jadi dengan mengunyah tanaman tersebut kita dapat melancarkan pencernaan sekaligus membersihkan mulut.
  • Gosok gigi dan mouthwash, Tanpa mengalami masalah bau mulutpun kita memang seharusnya rajin menggosok gigi. Pastikan menggunakan sikat gigi yang berkualitas baik dan menggantinya setiap 4 bulan sekali. Berkumurlah menggunakan mouthwash setelah menggosok gigi.
  • Kurangilah mengkonsumsi soda, kopi dan minuman beralkohol
  • Permen, permen memang tidak mutlak menghilangkan bau mulut. Namun permen mint sudah sejak lama dipercaya menyegarkan mulut setelah mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut. Selain itu mengunyah permen karet tanpa gula juga bisa menghasilkan air liur yang dapat membersihkan mulut.
Itulah beberapa tips mengatasi bau mulut, I hope that helpfull toss 




Sumber :
Julianto,Ayesha.2010.Kumpulan Tips Praktis Perawatan Rumah dan Tubuh.Jogjakarta:Divapress
Wahyu,Imam.2010.Segudang Tips Praktis Masalah Harian.Jogjakarta:Divapress
Malahayati.2010.Solusi Murah untuk Cantik Sehat Energik.Yogyakarta:Galangpress


No comments:

Post a Comment

Bagikan

>