Saturday 29 December 2012

Berpikir cerdas saat memerangi jerawat ^^


natural acne treatment
            Jerawat merupakan permasalahan kulit yang banyak dialami pada usia remaja. Sewaktu masih SMA wajah saya juga pernah dihiasi jerawat. Dan belakangan saya baru sadar betapa kulit saya telah berubah sekarang. Kalau dulu permasalahan kulit wajah saya adalah berminyak dan berjerawat, sekarang kulit saya cenderung kering.
            Tapi yang sedang ingin saya bahas sekarang adalah tentang jerawat. Sekedar berbagi pengalaman saja tentang cara saya mengatasi jerawat pada saat itu. Untuk info saja waktu itu jerawat saya kecil-kecil namun memenuhi dagu dan jidad saya hehhehhhe. Dalam rangka mengatasi jerawat, ada beberapa hal yang selalu saya perhatikan pada saat itu, antara lain :
·         Membersihkan wajah dengan susu pembersih dan penyegar saat akan tidur. Pemilihan pembersih dan penyegar disini jangan sembarangan, kenali kulit kita dengan baik. Waktu itu saya menggunakan pembersih dan penyegar jeruk nipis namun salah seorang teman saya jerawatnya bersih dengan hanya menggunakan pembersih dan penyegar mentimun.
·         Membersihkan wajah dengan sabun muka di pagi hari. Untuk sabun pembersih muka disini sebaiknya pilih dengan teliti. Saya pernah menggunakan sabun anti acne yang berbahan dasar sulfur namun jerawat saya malah makin banyak dan kulit saya iritasi, ternyata bahan dasar sabun juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Dan dalam kasus saya sabun wajah yang cocok untuk mengatasi jerawat saya saat itu adalah yang mengandung tea tree oil.
·         Gunakan pelembab setelah wajah dibersihkan. Beberapa teman saya tidak menggunakan pelembab karena berpendapat pelembab malah membuat wajah mereka berminyak dan berjerawat. Hal itu sangatlah salah karena kulit kita tetap harus dirawat. Agar tidak memperparah kondisi kulit wajah yang berjerawat pilihlah pelembab yang water based .
·         Bila ingin menggunakan bedak, gunakanlah bedak tabur karena bedak tabur relatif lebih ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Dalam penggunaannya juga jangan berlebihan, beberapa teman cenderung ingin menutupi jerawatnya dengan mempertebal penggunaan bedak.
·         Hindari stress, dulu jerawat yang tak kunjung hilang membuat beberapa remaja menadi stres memikirkannya. Hal itu sangat wajar karena pada usia belasan mereka seolah mendewakan penampilan. Kalau menurut saya, timbulnya jerawat juga tak selalu merusak penampilan, yang penting dan harus selalu kita jaga adalah kebersihan. Tampilan yang segar akan slalu membuat kita lebih enak dilihat.
Menurut pengalaman saya beberapa hal diatas perlu diperhatikan saat kita ingin membersihkan jerawat di wajah kita. Namun terlepas dari itu semua, membersihkan jerawat bukanlah fokusnya melainkan semua usaha ini adalah tentang merawat diri. Kalaupun jerawat tak kunjung hilang asal kita tetap merawat diri, kita pasti akan mendapat manfaat luar dalam. Meskipun wajah kita berjerawat tapi kalau kita tampil bersih, segar, tidak bau, banyak tersenyum dan selalu ceria nikmati dunia pasti tampilan kita juga tetap indah dilihat.
Girls . . . ! salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena hormon pertumbuhan jadi kesimpulannya kalau sudah timbul jerawat berarti saat itu kita sudah tumbuh lebih dewasa, sudah saatnya menjadi lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri. So  . . . . lets explore the wonderfull world ~~ secara lebih bertanggung jawab juga tentunya ^^


No comments:

Post a Comment

Bagikan

>