Friday 28 December 2012

Petik Jeruk, Agro Wisata Batu



                Beberapa waktu lalu, seorang teman mengajak saya untuk berwisata petik buah di Kusuma Agrowisata Batu. Jujur saja, meskipun saya sejak lahir sudah tinggal di kota ini tapi saya belum sekalipun pergi ke tempat itu, pernah sih sekali waktu bantu teman cari tempat resepsi kawinan. Tapi ketika seorang teman bertanya pada saya tentang bagaimana wisata petik buah disana, memuaskan atau tidak tentu saja saya tidak tau hhehehhehehe.
                Sebenarnya acara liburan saya siang itu adalah untuk berenang, tapi ternyata teman saya tersebut mentraktir kami untuk wisata petik buah juga. Waktu itu saya sudah membayangkan akan makan strawberry atau buah naga karena saya pernah dengar tempat ini menyediakan petik buah naga juga.
                Kusuma Agro Wisata di Kota Batu ini merupakan sebuah hotel dengan berbagai fasilitas, dan wisata petik buah adalah salah satunya. Fasilitas-fasilitas lain yang terdapat disana antara lain seperti kolam renang, berbagai lapangan olahraga, pusat kebugaran, dan area outbond.              
                Setelah sampai di area petik buah, teman saya menyerahkan tiket kepada mbak2 di sebuah restaurant dekat gerbang Strawberry gede. Ternyata wisata petik buah yang ditawarkan saat itu hanya apel dan jeruk karena kebun strawberry mereka masih dalam proses pemulihan karena hujan dan tentang buah naga tentu saja saya sungkan untuk bertanya, masa gratis mau minta macam2.
Kami memutuskan lebih memilih petik jeruk (ya iyalah, kalau apel mah I have in my own backyard) perjalanan kami ditemani seorang tourguide juga. Untuk menuju kebun jeruk kami terlebih dahulu menyusuri kebun strawberry. Saat itu saya mulai menyesal tidak membawa kamera. Pemandangan pegunungan kota ini memang sudah biasa buat saya namun jika dilihat dari sisi yang berbeda, bukit-bukit itu memiliki keindahan yang berbeda juga sayang sekali kalau tidak diabadikan.
Sesampainya di kebun jeruk si embak tourguide memberi kami sebuah pisau dan kresek. Aturannya simpel, kita boleh makan jeruk sebanyak-banyaknya selama masih di kebun ini. Namun untuk dibawa pulang, masing-masing orang hanya boleh membawa dua buah jeruk. Rasa jeruk disini manisnya pas dan tidak terlalu asam. Kami berada di kebun jeruk hanya sekitar 30 menit karena memang suasana sudah mulai mendung dan kami takut tak ada waktu untuk berenang nantinya.
Perjalanan kembali menuju ke restaurant tempat kami memulai perjalanan tadi ternyata melalui route yang berbeda dengan waktu kami berangkat. Dalam perjalanan kembali kami melalui beberapa green house tempat berbagai sayuran organik dikembangkan. 

Setelah sampai di restaurant dan mbak tourguide menutup perjalanan ini, kami dipersilahkan duduk dan diberi sajian berupa jus strawberry segar . . . . hemmm not bad, cukup memuaskan.
Menurut saya wisata ini bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang tidak membosankan. Apalagi untuk mereka yang bukan dari keuarga “pekebun”. Selain tempat dimana keluarga bisa berkumpul dan makan buah bersama, tempat ini juga cukup memberi pengetahuan tentang beberapa jenis tanaman. Untuk anak-anak tempat ini juga bisa mengajarkan mereka untuk lebih mencintai alam.
Meskipun hari itu saya tidak mengambil banyak foto seperti biasanya, paling tidak saya masih punya cerita ^^.

Oia Just FYI aja tempat ini beralamat di Jl. Abdul Gani Atas Kota Batu – Jawa Timur,
Telp 0341 599418, bisa dibilang se-area gitu deh sama JatimPark.


No comments:

Post a Comment

Bagikan

>