Wednesday 8 April 2015

Pola Hidup Sehat sebagai perawatan Anti Aging


Awet Muda
Foto: www.liputan6.com

            Keinginan selalu tampil cantik dan awet muda membuat perawatan anti aging semakin marak saat ini. Hal itu tentu saja dibarengi dengan munculnya berbagai produk perawatan kulit dengan “janji” memperlambat penuaan. Usia yang sudah kepala tiga membuat saya juga menjadi salah seorang yang tertarik dengan segala produk #kecantikan yang ber “motto” anti aging.
            Sebenarnya selain menggunakan produk perawatan wajah yang tepat, ada satu cara lagi yang seringkali terlewatkan dalam rangka menjaga wajah kita selalu tampak segar dan awet muda. Kita seringkali lupa bahwa kecantikan sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Kita tidak sadar bahwa pola hidup sehat memiliki peran penting dalam menjaga badan tetap fit yang akan membawa dampak positif dengan membuat wajah tampak segar dan juga tampak lebih muda.
Berikut beberapa tips perawatan wajah secara alami dengan cara menjaga pola hidup sehat.
§  Perbanyak minum air putih
Minum banyak air putih dapat membantu membuang toksin dalam tubuh. Selain dapat menjaga kesegaran kulit, kesehatan kita secara keseluruhan juga akan lebih terjaga. Usahakan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih dalam jumlah sedikit tetapi sering daripada minum pada satu waktu langsung dalam jumlah banyak.
§  Melakukan olah raga ringan
Senam dan jalan kaki merupakan olah raga ringan yang bisa dilakukan sehari-hari. Senam ringan yang dilakukan setelah bangun tidur bisa melancarkan peredaran darah dan meregangkan otot-otot yang kaku setelah tidur.
§  Kurangi atau hentikan konsumsi makanan berikut
Soda, donat, roti manis, dan berbagai makanan berlemak tinggi karena dapat memicu obesitas dan jerawat juga mempercepat proses penuaan.
§  Tidur yang cukup
Saat kita tertidur lelap proses regenerasi kulit dapat berlangsung maksimal dan otot wajah menjadi rileks sehingga akan menunda proses penuaan. Selain itu kurang tidur juga akan mengganggu kegiatan pada siang harinya yang juga akan kembali berdampak pada istirahat di malam hari.
§  Berhenti Merokok
Rokok mengandung zat-zat negative yang dapat menyebabkan menurunnya elastisitas kulit dan rusaknya kalogen yang akan membuat kulit kita cepat keriput.
§  Kulit tanpa make up
Sesekali, biarkan kulit kita beristirahat dari make up. Kulit juga perlu bernafas. Membersihkan wajah sebelum tidur harus selalu dilakukan agar tidak ada make up yang menempel.
§  Makan yang cukup dan tidak berlebihan
Makan yang baik dan tidak berlebihan akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Pilihlah juga makanan yang sehat dan penuh gizi.
§  Hindari Stress
Stress dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bagi anda untuk menghilangkan stress.
§  Percaya diri
Jika kita yakin dengan diri sendiri tentu saja penampilan kitapun akan terlihat cantik.
§  Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak omega
Lemak omega yang baik bagi kesehatan tubuh kita bisa diperoleh dari ikan salmon, buah alpukat, kacang almond, dan lain-lain. Asam lemak omega ini berkhasiat untuk membuat wajah kita tetap segar karena memiliki zat anti inflamasi yang dapat mencegah kulit dari kekeringan.
§  Mengonsumsi buah dan sayur
Buah dan sayuran yang kaya vitamin C dan E juga akan membantu mengusir kusam dari wajah kita.
§  Hindari terlalu sering mencuci muka
Mencuci muka dua kali sehari dengan sabun sudah cukup agar kulit wajah tidak kering bahkan teriritasi.

 Sumber :
Julianto,Ayesha.2010.Kumpulan Tips Praktis Perawatan Rumah dan Tubuh.Divapress.Jogjakarta

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>