Saturday 11 April 2015

Tipe tipe Diabetes atau kencing manis



Foto: http://www.researchforthefuture.org
            Dalam lambung dan usus, makanan diuraikan menjadi beberapa elemen dasarnya, salah satunya adalah glukosa. Jika terdapat gula maka pankreas menghasilkan insulin, yang membantu mengalirkan gula kedalam sel tubuh. Kemudian gula tersebut dapat diserap dengan baik oleh tubuh yang kemudian dibakar untuk menghasilkan energi.
            Ketika seseorang menderita diabetes, pankreas orang tersebut tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menyerap gula yang diperoleh dari makanan. Hal itu mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi karena timbunan gula yang tidak dapat diserap dengan baik dan dibakar menjadi energi.
            Ada dua jenis diabetes yang sering terjadi dan umum diderita banyak orang.
·        Diabetes tipe 1
Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin akibat kelainan sistem imun tubuh yang menghancurkan sel yang menghasilkan insulin atau karena infeksi virus sehingga hormon insulin dalam tubuh berkurang. Beberapa penyebab diabetes tipe 1:
o   Faktor keturunan atau genetika
o   Autoimunitas yaitu tubuh alergi terhadap salah satu jaringan atau jenis selnya sendiri, dalam hal ini yang ada dalam pankreas
o   Virus atau zat kimia yang menyebabkan kerusakan pada pulau sel dalam pankreas
Perawatan diabetes tipe 1 bisa dilakukan dengan cara menambahkan insulin setiap hari, yaitu dengan cara menyuntikan insulin. insulin tidak dapat ditambahkan secara oral karena insulin bisa hancur dalam lambung jika dimasukan lewat mulut.
·        Diabetes tipe 2
Berbeda dengan diabetes tipe 1, pada tipe 2 bukan karena pankreas tidak dapat membuat insulin, tetapi karena insulin yang dibuat tidak cukup. Kebanyakan insulin yang diproduksi dihisap oleh sel-sel lemak akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak baik. Sekitar 90%-95% penderita diabetes menderita diabetes tipe 2. Jenis diabetes ini paling sering diderita orang dewasa dengan usia 30 tahun keatas dan cenderung semakin parah secara bertahap. Penyebab diabetes tipe 2 :
o   Factor keturunan
o   Pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat
o   Kadar kolesterol yang tinggi
o   Jarang berolahraga
o   Obesitas atau kelebihan berat badan
Perawatan dibetes tipe 2 bisa dilakukan dengan cara memaksa kerja pankreas sehingga bisa menghasilkan insulin lebih banyak. Dalam banyak kasus bisa menggunakan pil untuk merangsang pankreas agar menghasilkan lebih banyak insulin. Namun pankreas bisa lelah jika terus menerus dipaksa dengan pil. Cara terbaik untuk mengatasi diabetes tipe 2 adalah dengan diet yang baik untuk  mengurangi berat badan dan kadar gula, disertai gerak badan yang sesuai.


 
Sumber :
Damayanti,Deni.2013.Pintar Meracik Sendiri Ramuan Herbal.Araska:Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>