Wednesday 6 January 2016

Danau - Danau di Dunia yang menyimpan Kisah, Sejarah dan Legenda

Dunia ini memiliki banyak danau indah yang tersebar di seleuruh penjuru bumi. Beberapa diantaranya memiliki kisah misterius yang selalu dikisahkan turun temurun. Cerita yang melekat pada danau-danau indah tersebut ada yang terkesan misterius dan mengerikan, ada paula yang patut kita ambil hikmahnya. Cerita-cerita tersebut ada yang berupa legenda, ada pula yang berupa sejarah nyata.
Danau Tinnsja (Lake Tinn), Norwegia
Danau ini memiliki kedalaman hingga 190 meter dan menjadikannya salah satu danau terdalam di Eropa. 
Di masa lalu pada saat pendudukan Jerman di Norwegia (PD II), danau ini menjadi akses untuk mengangkut heavy water ke jerman.  Heavy water merupakan suatu tahap awal pembuatan nuklir sebagai senjata. Pada tahun 1944 feri SF Hydro (feri pengangkut Heavy Water) ditenggelamkan di danau ini oleh regu resistance Norwegia yang telah disusupkan ke lembah Rukjan. Karena itulah selanjutnya Hitler berpikir untuk memindahkan fasilitas nuklirnya ke dataran Jerman.
Sekarang sejarah tersebut menjadi cerita dibalik danau yang telah menjadi lokasi liburan ini. Di danau Tinsja wisatawan bisa bersantai, memancing bahkan menginap di kamp yang tersedia.
photo :

Lake Tinn in the past, photo :
Danau Resia, Italia
Danau yang satu ini tidak nampak seperti danau,  karena di musim dingin yang ada hanyalah hamparan es yang luas. Saat musim panas barulah nampak seperti danau pada umumnya. Yang sama adalah terdapat menara lonceng di tengah tengahnya apapun musimnya.
Danau Resia dibuat dengan menenggelamkan sebuah desa, dan menara lonceng yang hingga sekarang terlihat di tengah danau adalah menara gereja yang tenggelam separuh.
Cerita misteri tentang terdengar lonceng di malam hari masih beredar di sekitar danau hingga saat ini. 
Danau Resia di musim dingin, Photo:

Danau Resia di musim Panas, Photo :
Danau Pyramid, Nevada - AS
Pemandangan danau ini pernah diabadikan dalam sebuah foto yang menjadi wallpaper iPad generasi pertama. Konon danau ini pernah menjadi tempat tinggal bangsa Pautie selama berabad-abad. Yang menyeramkan dari danau ini adalah sebuah  folklore  tentang danau Pyramid adalah tempat pembuangan bayi cacat dan prematur.
Photo :
Danau Nyos, Kamerun
Danau Nyos muncul dari bentukan kawah berapi sejak 400 tahun yang lalu. Pada Agustus 1986 terjadi ledakan gas yang memuntahkan 12 kilometer kubik co2. Ledakan tersebut menimbulkan sunami kecil dan selanjutnya api berkobar sangat besar. Semua wisatawan dan penduduk yang berada hingga 25 kilometer di sekitar danau nyaris tak ada yang selamat.
Saat ini pipa - pipa dipasang disekitar danau untuk menyalurkan kelebihan co2. Hal tersebut dilakukan untuk menghinari tragedi serupa.
Photo :
Danau Crater, Oregon - AS
Danau ini terkenal dengan cerita "pak tua" penunggu danau. Yang dimaksudpak tua disini sebenarnya adalah batang hamlock kuno yang mengambang vertikal di danau sejak lebih dari 100 tahun.  
Sebuah legenda yang mengatakan bahwa Pak Tua mengendalikan cuaca merebak, karena pada tahun 1988, selama ekspedisi penyelaman di danau, para ilmuwan mengikatnya dekat pulau Wizard untuk menghindari pohon menabrak kapal selam. Cerita berlanjut bahwa saat mereka mengikatnya, langit mulai gelap, dan badai bertiup. 
Langit secara ajaib cerah kembali saat Pak Tua dilepaskan.
Selain itu kisah - kisah tak biasa juga melekat pada danau ini antara lain pada tahun 1997 disebut -sebut UFO pernah muncul disana. Danau ini juga diceritakan pernah menjadi tempat pembuangan mayat.
Photo :
Photo:

Danau Cameron, Kanada
 Sejak tahun 2004 terdapat beberapa laporan tentang makhluk besar yang tinggal di danau ini. Saksi yang melihat mengatakan mereka melihat penampakan yang menyerupai ular besar.  
John Kirk, pendiri dari British Columbia Scientific Cryptozoology Club membentuk sebuah tim dan mulai mengadakan ekspedisi yang dilakukan pada tanggal 19 September 2009. Dengan sebuah kapal yang diperlengkapi sonar, mereka menyusuri danau Cameron dan meneliti data sonar satu persatu.  Ketika mereka sampai pada sebuah lokasi yang bernama Angel Rock, sonar menangkap sebuah objek raksasa diantara kumpulan ikan-ikan di kedalaman 18 meter dan hanya berjarak 25 meter dari pantai. Namun mereka tidak dapat memastikan identitas objek tersebut. 

Meski belum diketahui pasti makhluk apa yang mendiami danau tersebut namun tidak menutup kemungkinan bahwa makhluk tersebut adalah seekor Cadborosaurus. Karena Pada tahun 1937, seorang nelayan menemukan bangkai seekor Cadborosaurus di dalam perut seekor Paus di teluk Cadboro di Victoria.
Photo :

Photo :
Danau Baikal, Siberia - Rusia
Cerita tentang adanya mosnter yang mendiami danau Baikal diawali dengan ditemukannya petroglyps kuno di sepanjang tebing Baikal. Lempeng batu berukir tersebut ditemukan di dua lokasi dan diperkirakan berasal dari abad 3 dan 9 SM.  Prasasti tersebut menggambarkan makhluk besar seperti kadal dengan lidah bercabang dan cakar. 
Selain itu cerita tentang UFO dan perahu yang hilang juga menambah daftar misteriusnya danau ini. Pada tahun 1958 pesawat Rusia TU154 jatuh ke danau karena menghindari suatu objek yang diduga adalah UFO.  Pada tahun 2011 Perahu boat Yamaha beserta kru juga hilang di danau ini tanpa diketahui penyebabnya. Perahu tersebut hilang kontak tak lama setelah meninggalkan desa. Pada saat itu danau tertutup kabut, dan setelah kabut menghilang perahu itu juga hilang tak berjejak.
 
Photo : http://havacuppahemlock1.blogspot.co.id 
Danau Loch Ness, Skotlandia

Satu lagi danau yang terkenal dengan makhluk kriptozologi-nya. Loch Ness sudah sejak lama diduga didiami satu makhluk yang disebut Nessie. Awalnya monster Loch Ness ini tersiar dalam legenda gereja.   Konon, pada 22 Agustus tahun 565, berdasarkan sebuah literatur berjudul 'Life of St Columba' karya Adamnan, seorang rohaniwan bernama St Columba menolong orang-orang Suku Pict atau penduduk Skotlandia Kuno yang mendadak diserang makhluk air raksasa saat berlayar di Danau Loch Ness. Setelah itu banyak yang mengatakan telah melihat mosnter tersebut bahkan mengabadikannya pada sebuah foto. Namun masih banyak juga pihak yang meragukannya karena belum ada bukti konklusif.
Photo :

Selain danau dari berbagai negara tersebut, Indonesia juga negara yang memiliki banyak danau dengan cerita dan legenda yang mendampinginya.
Danau Toba, Sumatera Utara
Danau terbesar di asia tenggara ini emiliki banyak cerita misteri yang akhirnya mempengaruhi kearifan perilaku di sekitar danau. Cerita tersebut bermacam-macam dari mulai sosok misterius yang muncul dalam foto saat berfoto di dekat danau hingga adanya ikan mas raksasa penunggu danau. Beberapa kisah tersebut melahirkan kepercayaan agar selalu bersikap sopan di Danau Toba.
Photo:
Danau Poso, Sulawesi Tengah
Danau ini terkenal dengan cerita makhluk raksasa yang memancarkan cahaya seperti lampu petromaks. Cahaya tersebut sering mengecoh para nelayan, mereka sering mengira jika cahaya tersebut berasal dari teman nelayan namun sewaktu dihampiri cahaya tersebut menghilang.
Penduduk setempat percaya bahwa cahaya tersebut berasal dari penunggu danau. Karena itu pula mereka percaya bahwa tidak boleh mengeluh atau mengeluarkan kata kasar dan makian yang meremehkan danau. 
Para nelayan percaya bahwa jika melihat cahaya tersebut lebih baik pulang saja karena itu berarti pertanda bahwa mereka tidak akan mendapat tangkapan ikan seekorpun.
Photo : http://www.apakabardunia.com
Danau Singkarak, Sumatera Barat
Orang Singkarak memiliki kepercayaan unik mengenai danau ini, yaitu jika Hari Raya lebaran bertepatan dengan hari Jumat maka mereka harus menghindari beraktifitas di danau. Hal tersebut dikarenakan mereka percaya bahwa sedang ada pesta besar makhluk gaib di danau tersebut. Dan jika mereka mengganggu maka malapetaka akan menghampiri.
Photo :
Danau Sunter, Jakarta
Danau yang berada di ibu kota negara kita ini memiliki berbagai cerita mistis. Namun yang paling melekat dengn danau Sunter adalah Bambu Ireng, sosok astral yang disebut-sebut sebagai penunggu danau. Di tengah danau terdapat pulau kecil yang dipercaya sebagai istana Bambu Ireng. Menurut cerita juru kunci danau ini Bambu Ireng sering mengganggu manusia karena manusia tidak mau menjaga alam sekitar. 
Photo:
Danau Rawapening, Jawa Tengah
Legenda Rawa Pening masih dipercaya warga sekitar hingga kini. Ular besar yang sering dilihat warga dipercaya sebagai jelmaan Si Baru Klinting. Untuk menghormati legenda tersebut, warga sekitar masih rutin menggelar acara ritual larung sesaji setiap setahun sekali.
Selain itu saat malam hari sering terdengar suara-suara yang menyerupai suara gamelan. Suara tersebut seolah bersumber dari seberang danau namun saat dihampiri ke arah seberang danu suara tersebut menghilang.

Photo : https://msyarifulh.wordpress.com
Danau Gunung Tujuh, Jambi
Danau yang berada di ketinggian 1.950 mdpl ini menyimpan legenda dibaliknya. Konon, terdapat dua makhluk halus yang menjaga danau tersebut yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti, dengan pengikutnya yang berwujud harimau. Karena itulah masyarakat setempat menganggap danau ini danau keramat.
Photo : http://www.apakabardunia.com
Itulah beberapa danau yang memiliki cerita, sejarah dan legenda menarik, benar atau tidaknya . . . entahlah saya tidak tahu , tapi bukankah  selalu menarik saat mendengarkan kisah tentang suatu tempat di bumi initersenyum lebar

 Sumber :





No comments:

Post a Comment

Bagikan

>