Thursday 18 February 2016

Dilan , Dia adalah Dilanku Tahun 1990




Judul              : Dilan , dia adalah Dilanku tahun 1990
Pengarang   : Pidi Baiq
Tebal             : 346 halaman
Terbit             : 2016 (Edisi II, cetakan kedua)
Penerbit        : PT. Mizan Pustaka

            Sebenernya Sudah lama lihat buku ini di jajaran depan rak buku Gramedia bersanding dengan buku-buku Ilana Tan, Tere Liye, Andrea Hirata dan buku buku oke lainnya. Tapi belum ada minat buat beli, Kenapa? Karena sampulnya gambar anak SMA. Di usia yang udah kepala 3 inikutu buku rasanya udah ga cocok lagi baca cinta-cinta an anak SMA. Tapi setelah lihat berkali-kali baru sadar kalau buku ini bersetting tahun 1990. Yang artinya suasananya masih setipe dengan masa SMA ku meskipun aku duduk di bangku SMA tahun 1999. Dan akhirnya aku membelinya.pesta

Novel ini emmm . . . norak tertawa. Tapi sukaaaaaaaaaajatuh cinta.
Baca novel ini langsung inget novel jaman dulu yang setiap percakapan diuraikan panjanaangggg. Tapi memang “feel” nya didapat dari situ, bukan dari perasaan yang digambarkan.

Singkatnya buku ini ditulis dari sudut pandang Milea Adnan Husein di tahun 2014. Dia menceritakan kisahnya di tahun 1990 bersama Dilan yang karakternya “selenge’an” tapi  bikin meleleh banget. Sebenarnya kisah yang diceritakan cuma dari awal PDKT sampai akhirnya pacaran. Tapi lembar demi lembar banyak yang bikin senyum-senyum sampai ketawa ngakak.

Dan seperti kebanyakan cewek yang udah baca buku ini, aku pun kesengsem sama Dilanpeluk erat. Sebenernya mikir juga sih, apa iya cerita ini kisah nyata? Apa iya ada orang macem Dilan yang konyol  tapi rangking satu? berandalan tapi sopan? suka berantem tapi humoris? “panglima tempur” tapi suka baca buku sastra? Nakal tapi sayang banget sama keluarganya? . Nyata atau tidak yasudahlah, memang ceritanya kan saya lagi fall in love sama orang dalem bukupipi memerah.

Novel ini juga bisa jadi gambaran  untuk remaja sekarang. Gimana so sweet nya dulu surat-surat-an. Komunikasi lewat telepon Cuma dari telpon rumahsedang menelepon, kalau yang dicari lagi gak ada dirumah yasudah Cuma bisa nitip pesanngambek. Gak ada pusing stalking-stalking lewat sosmed.
Ilustrasi saat pertama kali Dilan bertemu Milea

Setelah baca novel ini jadi pengen baca lanjutannya di buku kedua. Tapi setelah baca-baca review bahwa di buku kedua ga seindah buku pertama dan karakter Dilan melemahpatah hati. Aku jadi mengurungkan niat untuk baca, takut patah hati. Gosipnya sih akan ada buku lainnya dari sudut pandang Dilan, Bang Pidi aku tunggu buku yang ini aja yatersenyum lebar

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>