Tuesday 17 March 2015

Bianglala alun-alun Batu, landmark baru Kota Batu kah?


Photo: IG @dariszcahyadi

                Pada dasarnya, landmark secara bahasa bisa diartikan sebagai penanda/hal yang menonjol/sesuatu yang mudah dilihat atau dikenal. Atau dalam bahasa Inggris dijelaskan sebagai the position of a prominent or well-known object in a particular landscape (objek yang menonjol atau yang mudah dikenali dalam suatu daerah atau landscape tertentu)
                Dengan menelaah pengertian tersebut aku jadi berpikir apa sebenarnya landmark kotaku ini. Kalau dulu mungkin patung apel di tengah-tengah alun alun. Tapi sekarang dengan semakin banyaknya tempat wisata di kota ini seolah yang bisa disebut landmark ada banyak sekali.
                Contohnya berfoto di depan museum satwa dengan background bangunan putih berpilar-pilar, seringkali tanpa disebutkan dimana tempatnya dalam caption foto tersebut, sudah banyak yang tau bahwa tempat itu berada di Kota Batu. Atau berfoto di patung apel alun-alun Batu, meskipun kebun apel sudah banyak berkurang di kota Batu tapi apel tetap menjadi simbol, dan orang yang pernah kekota ini kemungkinan besar tau kalau tempat itu berada di kota Batu.
                Namun menurut saya yang saat ini seolah menjadi landmark baru kota ini adalah bianglala alun-alun Batu. Bagaimana tidak, hampir semua yang datang ke kota ini berfoto dengan background bianglala alun-alun Batu. Bianglala itu tidak sebesar yang ada di Batu Secret Zoo, tapi mungkin karena alun-alun Kota Batu merupakan tempat wisata gratis jadilah foto dengan background bianglala alun-alun inilah yang banyak  ditemukan dengan hastag #alunalunkotabatu .
foto air mancur yang terletak di sebelah kiri bianglala, dipotret dari bianglala,
Photo: IG @rezha_mf


Cahaya Bianglala diwaktu malam,
Photo: IG @dariszcahyadi
Bangunan pink norak di sudut kiri atas, satu-satunya tempat hangout waktu SMA hahhahahah 
Photo: IG @nungkiukiu

View dari puncak bianglala,
Photo: IG @citranurani_
 
Sore-sore nongkrong disebelah alun-alun diwaktu weekday, gak rame nyamann ^^
Photo: IG @to_detsember
               

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>