Tuesday 10 March 2015

Mencegah Kanker dan memelihara kesehatan Tubuh dengan Brokoli



Brokoli adalah salah satu sayuran yang semakin populer dewasa ini. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya riset dan penelitian yang menunjukkan berbagai manfaat brokoli untuk memelihara kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.
        
Photo: http://vitao.com.br/blog/category/dicas-de-saude

Selain itu saat ini juga mulai banyak orang yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas. Sumber radikal bebas bisa berasal dari polusi, asap rokok, dan kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Maka tidak heran jika radikal bebas kini sangat lekat dengan kehidupan masyarakat perkotaan. Karena itulah memasukkan sayur-sayuran khususnya brokoli kedalam menu keseharian seolah menjadi tren baru dalam memelihara kesehatan tubuh.
Berikut adalah beberapa kandungan dan manfaat yang dimiliki brokoli:
·         Mencegah tumor/ kanker payudara
Brokolimengandung indoles, dan riset tentang indoles membuktikan kemampuannya mendeaktivasi metabolit estrogen yang menyebabkan tumor terutama pada sel-sel payudara. Pada saat yang sama indoles  meningkatkan senyawa tertentu yang bersifat protektif terhadap kanker. Selain itu indoles juga dapat mengurangi proses metastasis sel kanker. Metastasis adalah pergerakan sel-sel kanker ke bagian tubuh yang lain sehingga terjadi penyebaran sel tumor.
·         Kaya serat
Serat merupakan primadona baru dalam jajaran gizi yang diharuskan dalam menu sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi dan juga membantu program diet penurunan berat badan. Selain dapat membantu program diet, serat juga dapat mengurangi penyerapan zat karsiogenik penyebab kanker.
·         Mencegah penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner diawali dengan penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol. Kolesterol LDL (jahat) mempunyai kemampuan untuk menyumbat pembuluh darah bila dalam keadaan teroksidasi. Brokoli dengan kemampuan antioksidannya akan dapat mencegah terjadinya proses oksidasi.
·         Mengontrol tekanan darah
Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.
·         Mencegah penyakit kardiovaskular
Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.
·         Menjaga kekuatan tulang dan gigi
Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.
·         Kaya akan vitamin C dan betakaroten
Vitamin C adalah antioksidan kuat yang bersifat larut dalam air, selain mengendalikan kolesterol vitamin C juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh.
·         Mencegah Kanker
Brokoli mengandung sulforaphane, suatu zat yang meningkatkan peran enzim yang bertanggungjawab pada detoksifikasi. Dengan mengoptimalkan detoksifikasi maka substansi karsiogenik penyebab kanker dapat cepat disingkirkan. Sulforaphane juga dapat menyebabkan apoptosis (bunuh diri sel kanker) pada sel-sel leukemia dan melanoma. Selain sulforaphane, keberadaan serat didalam brokoli juga berperan serta dalammencegah kanker. Hal itu dikarenakan keberadaan serat di dalam tubuh menyebabkan pergerakan hasil proses pencernaan makanan lebih cepat sehingga mengurangi waktu transit di usus besar.dengan demikian semakin dapat dikurangi penyerapan zat karsiogenik penyebab kanker.
·         Meningkatkan kecerdasan
Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta menngkatkan memori otak.
·         Mengobati penyakit asma
Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.
            Itulah beberapa kandungan serta manfaat brokoli yang telah saya rangkum dalam artikel ini, semoga bisa meningkatkan selera kita dalam mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

Sumber:
Khomsan,Ali. 2009.Rahasia Sehat Dengan Makanan Berkhasiat.Jakarta:Kompas

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>