Thursday 17 December 2015

Brasil, Negara Bola


Photo:

             Bicara soal bola, ada satu negara yang dari dulu aku pikir adalah negara pencipta sepak bola. tersenyum lebarBrasil, ya negara inilah yang aku pikir menjadi asal muasal sepak bola. Mengapa? Karena sejak aku kecil jika ada yang membahas sepak bola, negara inilah yang seingatku sering dibicarakan. Dan ternyata mereka yang di dataran Eropa lah yang menciptakan sepak bola bukan negara di benua Amerika Selatan ini menjulurkan lidah.
            Tapi sepertinya tak salah kalau aku berpikir seperti itu. Sepak Bola seolah menjadi nafas kehidupan masyarakat Brasil. Negara-negara lain di Amerika Selatan seperti Argentina, Uruguay dan Chile mungkin juga memiliki masyarakat dengan hasrat bermain sepak bola seperti Brasil. Namun Brasil-lah yang memiliki rentetan prestasi di turnamen internasional, sebut saja gelar lima kali juara Piala Dunia, delapan kali juara Copa Amerika dan empat juara Piala Konfederasi.pesta
            Brasil juga merupakan “pengekspor” terbesar pemain sepak bola di seluruh belahan bumi. Pemain asal Brasil biasanya bertalenta dan mampu memberikan penampilan yang begitu baik bagi timnya hingga seringkali mereka menjadi pemain –pemain sepak bola kelas dunia, beberapa diantaranya seperti Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, Ricardo Kaka, Roberto Carlos, Cafu, Pele, Neymar, Robinho, Gilberto Silva, David Luiz, Julio Cesar, dan masih banyak lagi pemain bintang asal Brasil yang merupakan nama-nama yang sering kali kita dengar.  Indonesia juga menjadi salah satu negara “pengimpor” pemain Brasil seperti Jacksen F Tiago dan Luciano Leandro .
            Ternyata sepak bola memang lekat dengan kehidupan sehari –hari masyarakat Brasil. Dalam buku TNT 3, Trinity sampai menyebut sepak bola di Brasil sudah seperti agama, akan dianggap aneh kalau seseorang tidak support klub bola apapun. Asal ada lahan kosong pasti ada yang bermain sepak bola, dari anak kecil sampai kakek-kakek. Asal bawa bola, gampang cari lawan, yang sedang lewat pun bisa  langsung ikut main.
            Dalam sejarahnya, sepak bola tidak begitu saja mengambil hati masyarakat Brasil. Pada tahun 1894 dua bangsawan Inggris Oscar Cox dan Charles Miller membawa olah raga ini ke Brasil. Awalnya menjadi olah raga bagi kaum elit kolonial yang selanjutnya berevolusi menjadi permainan rakyat. Praktik rasial juga pernah mewarnai sepak bola Brasil, seperti saat orang kulit putih  lebih menjaga jarak dan cenderung menolak jika diharuskan bertanding dengan orang kulit hitam. Kalaupun mau mereka tidak segan bermain kasar dengan orang kulit hitam. Hal itu telah menjadi awal lahirnya gerakan bola yang lincah bagi generasi kulit hitam Brasil. Kemampuan tradisi nenek moyang mereka dari Afrika yang pandai menari digabungkan dalam permainan hingga menciptakan trik trik yang tak terduga.
 Meskipun sekarang sepak bola Brasil diberitakan tak indah lagi, namun semangat komunal masyarakatnya terhadap sepak bola tetaplah sama dan tidak meredup.
            Jika mengingat bahwa Brasil adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak pernah absen mengikuti piala dunia. Pantas saja bukan kalau alam bawah sadarku berpikir bahwa negara ini adalah asal muasal dari sepak bola.

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>