Friday 18 December 2015

Cara membuat kolom koran dan Drop Caps dengan Microsoft Word 2007 / 2010

Sesuatu yang mudah bisa menjadi rumit jika kita tidak tau bagaimana caranya. Seperti membuat kolom koran dan drop caps menggunakan MS word. Langsung saja pada langkah-langkah untuk membuat kolom koran pada dokumen MS Word.

Yang pertama, sorot atau blok paragraf / teks yang akan dijadikan kolom koran, seperti pada tampilan berikut : 
 Kemudian klik tab page layout
Setelah itu klik bagian coloumns hingga muncul tampilan seperti dibawah ini :
 Setelah itu kita bisa langsung memilih bentuk kolom yang sudah tersedia bisa dua kolom atau lebih. Namun jika ingin pengaturan lebih detil klik bagian more coloumn hingga muncul tampilan berikut:
Mengatur kolom menggunakan dialog box seperti diatas cukup mudah. Pertama klik salah satu bentuk kolom yang dikehendaki misalnya Two jika menginginkan text terbagi dalam dua kolom. Centang kotak disebelah Line between untuk memberi garis antar kolom. Width dan spacing digunakan untuk mengatur lebar kolom dan jarak antar kolom. Setelah itu klik OK.

 

 Sebagai contoh, saya melakukan pengaturan seperti di atas, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :


 Gampang kan mengedipkan mata , ok kalau begitu mari kita lanjut ke cara membuat drop caps dengan MS Word. Drop Caps digunakan untuk membuat huruf awal pada suatu paragraf sesuai ukuran yang dikehendaki. Pernah melihat berita di koran atau majalah yang huruf awalnya saja menjadi besar? ya untuk itulah kita gunakan Drop Caps, dan berikut langkah langkahnya :

Langkah pertama, sorot / blok huruf pertama dari paragraf yang akan dijadikan drop caps
 Lalu klik tab insert dan klik pada pilihan drop caps

 setelah muncul tampilan seperti dibawah ini, tinggal dipilih bentuk #dropcaps yang dinginkan, sebagai contoh dibawah ini saya memilih bentuk dropped
 
 Dan hasilnya seperti berikut :
Itulah cara membuat #kolom #koran dan #dropcaps menggunakan #MSWord , semoga bermanfaat yaa . . belajar

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>