Thursday 21 August 2014

Endivia from my back yard

          Luaaaamanya tak buka blog ini, memang mood nulis harus dipertahankan. meskipun selalu ada ide buat ini itu tapi yang namanya malas hadeehhhh. Buat mulai ngeblog lagi dari pensiunan tanpa bayaran kemaren, sekarang mau cerita soal sayur belakang rumah ^^.
          Minggu lalu lagi panen andewi, mungkin tak banyak yang menyebutnya dengan nama cantik itu. Sayur yang satu ini banyak ditemui sebagai lalap. Andewi masuk dalam keluarga sawi-sawian, yang membedakan dengan sayur sawi yang lain adalah andewi memiliki warna hijau muda (stabilo) dan daun keriting.
Andewi memiliki nama latin Cichorium Endivia mungkin karena itu lah sayur ini disebut andewi.
           Andewi mengandung vitamin C, kalsium, fosfor, kalium dan magnesium. Tentunya kita tahu vitamin c sangat berguna untuk tubuh antaralain sebagai antioksidan dan membantu penyerapan zat besi. Sedangakan kalium fosfor dan magnesium akan memperkuat piringan sendi yang turun. selain itu kandungan kaliumnya sangat efektif untuk mencegah peradangan sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan penderita hernia.
          Daun Andewi juga mempunyai efek Diuretik (peluruh kencing) yang sangat baik, sehingga kadar garam dalam tubuh juga ikut terbuang lewat air seni. Bagi penderita Hipertensi efek ini memberikan manfaat yang signifikan. Penurunan retensi (tekanan) air pada ginjal akan meringankan kerja ginjal sehingga secara tidak langsung akan menurunkan tekanan darah.
          Seperti sayuran pada umumnya, andewi juga memilik harga yang relatif murah. Minggu lalu sayur ini terjual dua ribu rupiah per kilo, paling mahal pernah dijual 5ribu rupiah per kilo nya. Harga di pasar mungkin akan selisih seribu atau duaribu rupiah, see . . . kandungan vitamin dan mineral sebanyak itu bisa diperoleh dangan harga yang murah kok.
          Lebih menyenangkan lagi jika kita menanamnya sendiri. Memanen sayuran sesaat sebelum diolah itu istimewa lho. Apalagi mengkonsumsi sayuran sudah menjadi salah satu gaya hidup sehat yang digemari masyarakat. Bagi yang ingin menanam sayuran sendiri namun terkendala lahan sempit, dewasa ini ada buanyak sekali cara untuk "mengakalinya", coba deh browsing dengan keyword "alternatif menanam sayuran lahan sempit" maka akan muncul banyak artikel dan gambar bagaimana cara menanam sayuran dengan berbagai metode di lahan sempit.

Sumber :  http://citra417.wordpress.com/2011/06/24/andewi-cichorium-endivia-si-hijau-keriting-yang-berkhasiat/

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>