Monday 15 September 2014

Merawat Rambut Sebelum Berenang dan Wisata Pantai



Rambut merupakan bagian dari kepala yang mendukung penampilan, memiliki rambut yang indah tentunya akan membuat wajah semakin terlihat segar. Untuk yang hobi berenang dan berwisata pantai, sebaiknya merawat rambut dijadikan kebiasaan sehingga hobi tersebut tidak merusak kecantikan mahkota ini. Dan merawat rambut sebelum atau sesudah terpapar air asin dan zat kimia lainnya sebenarnya sangat mudah.
www.mamashealth.com

Menggunakan Kondisioner Sebelum Terpapar Air Asin
            Bila suka wisata pantai baik itu berenang, menyelam ataupu hanya berjemur di kawasan pantai, rambut akan terpapar air atau angin laut yang mengandung garam. Hal tersebut bisa membuat rambut jadi kering dan lengket.
            Agar rambut tidak terlalu kering, sebelumnya usapkan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut. Kondisioner tidak perlu dibalurkan dari akar rambut, sebab bagian ini dekat dengan kelenjar minyak sehingga tidak memerlukan pelembab. Untuk rambut panjang sebaiknya kepang rambut anda, karena rambut yang terjalin membuat air garam sulit menembus setiap helainya.
            Agar tidak merepotkan saat berwisata pantai, ada baiknya membawa kondisioner dalam bentuk spray. Selain mudah pemkaiannya, kondisioner dalam bentuk ini biasanya diformulasikan agar cocok dipakai setiap saat.
Menggunakan Sunscreen Khusus Rambut Saat Berenang di Kolam
            Kandungan Klorin dan Kaporit pada air kolam dapat membuat rambut terasa kaku dan keras. Terlebih lagi bila rambut anda dicat, zat yang terkandung dalam klorin dan kaporit dapat merusak keindahan warna cat rambut anda.
            Oleh karena itu sebelum berenang di kolam sebaiknya gunakan sunscreen rambut atau pelembab rambut untuk melindunginya. Dan setelah berenang segera bilas dan keramasi rambut. Sebaiknya gunakan clarifying shampoo atau afterswim shampoo untuk hasil yang lebih maksimal.
Menggunakan pelindung rambut agar tidak mudah kusut
            Berada di laut atau pantai membuat rambut tak bisa lepas dari terpaan angin kencang yang pastinya bisa membuat rambut menjadi kusut dan berantakan. Untuk itu sebaiknya gunakan produk penataan rambut yang mengandung silikon, yang juga bisa membuat rambut lebih berkilau. Semprotkan produk ke seluruh rambut lalu sikat dengan sisir bergigi jarang. Produk penataan rambut tersebut bisa mengurangi kemungkinan rambut menjadi patah, bercabang dan rontok.
Menggunakan Topi atau Penutup Rambut Lainnya
            Menggunakan topi saat berada di pantai selain untuk mendukung penampilan juga memiliki kegunaan lainnya. Topi akan melindungi rambut dari terik matahari, gunakan topi yang agak longgar, karena topi yang terlalu ketat bisa membuat rambut menjadi rapuh.
            Bandana juga dapat digunakan sebagai pengganti topi bila itu dirasa lebih nyaman untuk digunakan. Jika ingin mengikat rambut, sebaiknya dilakukan saat rambut dalam keadaan kering. Karena rambut yang diikat dalam keadaan basah akan menjadi rapuh dan mudah rontok.

No comments:

Post a Comment

Bagikan

>