Tuesday 27 November 2012

Laut Mati


            Laut mati adalah perairan yang membujur di daerah antara Israel, daerah otoritas Palestina dan Yordania. Menurut bentuknya, laut mati lebih menyerupai danau. Namun karena sangat luas dan memiliki air yang sangat asin, maka perairan ini disebut laut mati.
            Laut mati memiliki luas maksimal 42x11 mil², sementara dalamnya mencapai 378 m. Laut mati merupakan titik terendah di bumi dimana posisinya adalah 417,5 m dibawah permukaan laut. Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan (Jordan Riff Valley) dimana air laut masuk dan terkumpul,iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam,kapur dan gipsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.
            Perairan laut mati mengandung 33,7% garam atau sekitar 8,6 kai lebih banyak dibanding laut biasa. Hal tersebut menjadikan laut mati memiliki keunikan tersendiri. Kadar garam yang tinggi tersebut menyebabkan banyak benda akan terapung termasuk tubuh manusia. Kadar garam yang tinggi menyebabkan tidak ada biota laut yang hidup di laut ini dan hal itu juga salah satu alasan mengapa danau ini disebut laut mati.
            Laut mati memiliki sejarah yang juga tarcantum dalam Al-Quran. Kisah tersebut adalah tentang umat Nabi Luth yang tinggal di kota Sodom dan Gomorah dimana temuan purbakala hasil penggalian mengungkapkan, kota tersebut dibangun dekat Laut Mati, di sepanjang perbatasan Israel dan Yordania. Ketika Nabi Luth menyuruh umatnya meninggalkan perilaku maksiat dan menyampaikan perintah Allah, mereka ingkar, dan menolaknya sebagai seorang Nabi dan melanjutkan perilaku menyimpang mereka. Sebagai balasannya, mereka dihancurkan dengan bencana mengenaskan.
            Laknat Tuhan datang melalui sebuah gempa vulkanis yang diikuti letusan lava, kota-kota tersebut diruntuhkan, lalu dijungkirbalikkan hingga semuanya masuk ke dalam Laut Mati. Para arkeolog yang bekerja di wilayah tersebut menemukan bukti telah tejadinya bencana mengerikan. Kerusakan parah pada rangka manusia yang berhasil digali menandakan telah terjadinya gempa bumi dahsyat.
Saat ini kecepatan penyusutan volume air di Laut Mati menjadi semakin cepat. Pemerintah Israel dan Yordania pun meminta para pengusaha kosmetik dan industri lainnya yang kerap menyedot air dari Laut Mati untuk menghentikan kegiatannya. Dinas Hidrologi Israel mengatakan bahwa selama 12 bulan terakhir, laut asin yang berbatasan dengan banyak negara ini, kedalamannya menyusut hingga 1,5 meter akibat industri dan penguapan. Ini adalah penyusutan terbesar Laut Mati sejak 1950, seperti dikutip dari TimesofIndia, Rabu (31/10/2012).





No comments:

Post a Comment

Bagikan

>