Wednesday 28 November 2012

Mengganti Background foto Menggunakan Photoshop


Mengganti background foto dengan menggunakan photoshop sebenarnya cukup mudah, hanya saja untuk mendapat hasil yang baik tergantung usaha, imajinasi dan kreatifitas kita masing-masing.
Untuk mendapatkan hasil yang rapi dan enak dipandang mata sebaiknya pilihlah background yang sesuai dengan foto kita baik dari segi ukuran, warna bahkan juga suasana. Misalnya saja foto kita berpakaian minim jangan ditempel pada background alam bersalju hehhehehe . . . . .
Secara otodidak saya belajar mengganti background foto dengan langkah-langkah berikut :
*      Pertama buka foto yang akan kita ganti backgroundnya serta foto background yang akan kita gunakan.

*      Untuk menyesuaikan ukuran disini foto dan background sama-sama saya rubah ukurannya menjadi 3000X2000px

*      Setelah itu click icon move tool dan drag foto ke background

*      Gunakan eraser tool untuk menghapus bagian foto yang tidak kita inginkan, untuk bagian yang tidak membutuhkan detail kecil kita bisa menggunakan ukuran eraser yang besar



*      Sedangkan untuk bagian yang memerlukan detail atau bagian batas antara background dan foto, gunakan eraser dengan diameter lebih kecil agar hasilnya rapi. 

Selain itu untuk memudahkan proses penghapusan anda bisa menggunakan fungsi navigator untuk memperbesar dan memperkecil tampilan foto.

*      Setelah proses penghapusan ini selesai tentunya sudah terlihat hasilnya. Namun bila anda menggunakan foto dan background yang sangat mencolok perbedaan kualitas warnanya, anda bisa menyesuaikannya. Bila yang ingin kita sesuaikan warna pada foto kita maka klik Layer1 pada tab layer lalu klik tap image>adjustments, gunakan fungsi adjustments disini untuk menyesuaikan contras, kecerahan, warna, dll.



*      Tidak ada ukuran khusus untuk penyesuaian ini karena background dan foto yang kita pilih bisa berbeda-beda keperluannya. Anda bisa mencoba-coba dan kalau ternyata tidak sesuai tinggal undo saja ^^
*      Oia kita bisa menambahkan efek lighting juga untuk memberikan kesan yang berbeda pada foto kita, disini saya menggunakan 2 o’clock spotlite pada background.



*      Ok save . . . . .
*      Dan taraaaa jadilah saya berada di musim gugur rocky mountain hhehehehhehe . . .

Maaf kalau langkah-langkah di atas membingungkan, karena saya juga baru belajar. Jadi mari belajar bersama ^^ . . . .





No comments:

Post a Comment

Bagikan

>